Perhatikan 10 Hal Ini untuk Persiapan Umrah Anda

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 Juli 2024, 10:37:26

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melakukan ibadah umrah, Anda pastinya bingung tentang hal yang wajib Anda lakukan sebelum ibadah umrah. Mulai dari dokumen, registrasi, kelengkapan barang, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhatikan, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai gambaran apa yang wajib Anda siapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa mengikuti ulasan berikut ini hingga selesai.

Persiapan Jasmani

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kesehatan jasmani yang kuat. Maka dari itu, jamaah umrah yang hendak berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya agar dapat menyiapkan jasmani yang kuat agar ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda dapat menjaga kebugaran dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta minum suplemen seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai rutin berolahraga, seperti jogging, senam, atau olahraga lainnya. Berbekal tubuh yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain jasmani yang bugar, Anda juga harus mempersiapkan jiwa Anda agar dapat benar-benar khusyu’ dalam beribadah umrah. Ibadah umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Karena bagi seorang muslim yang melakukan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus menghabiskan sejumlah dana yang wajib dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang harus dipersiapkan sebelum umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima pemesanan hotel, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang harus diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper yang berfungsi memuat barang-barang bawaan Anda. sebuah koper besar, sebuah tas jinjing, dan sebuah tas kecil. Masing-masing bisa dipenuhi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk memuat alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa identitas, kertas tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini terkadang terlewat, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang sangat penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita hendak melaksanakan suatu ibadah, kita harus tau syarat sahnya, apa saja rukunnya, urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda dapat mencari referensinya yaitu dengan membaca buku panduan umrah, browsing tentang ibadah umrah, dan sharing dengan orang yang telah melaksanakan ibadah umrah.

Menentukan Pilihan Jasa Travel Umroh Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca testimoni pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga membaca profil serta riwayat travel umroh tersebut. Apabila travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi umrah sehingga informasi layanan mereka bisa Anda cermati melalui daring, misalnya dengan mengunjungi web, mendapat notifikasi surat elektronik dan pesan singkat untuk progres pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang tidak baik, memiliki alergi yang spesifik, dan membutuhkan konsumsi obat-obatan khusus, Anda butuh membawa obat-obatan pribadi yang harus Anda sertakan saat pelaksanaan umrah. Selain itu, obat yang umum misalnya P3K dan minyak urut, juga dapat Anda bawa secukupnya.

Membawa Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak jenisnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, jarum pentul, dalaman hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa kain ganti dan juga baju ganti ihram yang dibutuhkan. 

Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Saat umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga sahabat. Agar tidak lupa, siapkan catatan khusus doa, agar Anda tidak lupa dan tidak terlewat saat memanjatkan doa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, bawa di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum melaksanakan umrah. Bicarakan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak harus disiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id